You are currently viewing Piala Eagle Scout Award Kwarcab Banyumas 2023

Piala Eagle Scout Award Kwarcab Banyumas 2023

Purwokerto (18/7/23) Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Banyumas kembali mengadakan kegiatan Lomba Pramuka Garuda Berprestasi Tahun 2023 untuk Pramuka Golongan Siaga dan Penggalang Selasa 18 Juli 2023 di sanggarnya. Lomba tersebut diperuntukan sebagai wadah bagi para anggota pramuka yang sudah menyadang predikat garuda, sebagai salah satu bentuk kegiatan bagi para pramuka garuda agar terus berkarya dan unjuk kemampuan serta prestasi untuk menjadi yang terbaik sebagai anggota pramuka teladan.

Ketua Kwarcab Banyumas Agus Nur Hadie mengatakan dalam rangka memberikan wadah kegiatan bagi anggota Pramuka yang telah menyandang predikat Pramuka Garuda agar bisa terus berkarya, unjuk kemampuan dan unjuk prestasi, untuk menjadi yang terbaik, sebagai teladan dan contoh bagi para anggota Pramuka lainnya, maka perlu diselenggarakan kegiatan rutin yang bersifat khas, menantang dan berkesinambungan. Kegiatan tersebut nantinya bisa memberi rangsangan dan dorongan kepada para Pramuka Garuda untuk mencapai prestasi dalam tiap-tiap kegiatan yang dilaksanakannya.

“Sebagai upaya untuk mewujudkan hal tersebut, maka Kwartir Cabang Banyumas memiliki ajang pertemuan yang bersifat kompetisi untuk memilih Pramuka Garuda yang terbaik dari yang terbaik di jajaran Kwartir Cabang Banyumas dengan nama Lomba Pramuka Garuda Berprestasi atau “Eagle Scout Award”. Lomba tersebut juga dimaksudkan untuk
memilih duta perwakilan Pramuka Garuda Banyumas pada ajang serupa di Tingkat Kwartir Daerah Jawa Tengah,” katanya

Wakil Ketua Bidang Bina Muda Kwarcab Banyumas Irawati mengatakan seleksi terhadap Pramuka Garuda digelar untuk mendorong dan memotivasi Pramuka Garuda Banyumas yang telah cakap Scouting Skills dan Soft skills–nya untuk mengimplementasikanya dalam kehidupan sehari-hari sehingga akan berguna bagi dirinya sendiri, lingkungan masyarakat, bangsa dan negara sekaligus menjadikan Pramuka Garuda Berprestasi sebagai figur pramuka yang dapat menjadi dan dijadikan contoh serta teladan bagi teman-temanya baik di pangkalan masing-masing dan masyarakat pada umumnya. Lomba Pramuka Garuda Berprestasi atau sering disebut Eagle Scout Award (ESA) Banyumas 2023 mengusung tema SETIA – SIAP – SEDIA dan motto Satyaku Kudarmakan Darmaku Kubaktikan.

“Tahapan pelaksanaan lomba, tahap I Pendaftaran On-line, Pengiriman Berkas/Portofolio tanggal 20 Juni s.d. 11 Juli 2023, tahap II Proses Seleksi Pemilihan 10 besar Selasa, 18 Juli 2023 dengan materi Pengetahuan Kepramukaan, Pengetahuan Umum, Bahasa Jawa dan Bahasa Inggris dilanjutkan tahap III Babak Final dengan materi wawancara, Forum Group Discussion, Scouting Skills, dan Talent,” jelasnya.

Setelah melalui rangkaian tahapan lomba inilah Pramuka Garuda Kwarcab Banyumas untuk Golongan Penggalang Putra juara 1
Revandhika Reswara Kurnia SMPN 8 Purwokerto, juara 2 Pandu Whirananta SMPN 1 Jatilawang, juara 3 Wahyu Afidz Verdinan SMPN 1 Somagede. Juara harapan 1 Rendianto SMPN 1 Cilongok, harapan 2 Musalim Ridho MTs N 3 Banyumas dan harapan 3 Arjuna Danur Pradhipta SMPN 2 Purwokerto.

Golongan Penggalang Putri juara1 Ummu Atiyah Faisaliani SMPN 1 Jatilawang, juara 2 Khirani Aulia Putri MTsN 3 Banyumas, juara 3 Maulida Rahmawati SMPN 1 Cilongok, harapan 1 Luna Anindiya Putri SMPN 2 Purwokerto, harapan 2 Diandra Paramitha SMPN 1 Somagede dan harapan 3 Sera Pertiwi SMPN 2 Sumbang.

Untuk Golongan Siaga Putra juara 1 Fariz Naufal Hisam SDN 1 Limpakuwus, juara 2 Muhammad Iqbal Fauz Zaidan SD Negeri Cilaku, juara 3 Rajendra Prawira SDN 2 Sokawera, harapan 1 Fauzan Firhatulloh SDN 1 Arcawinangun, harapan 2 Muhammad Mushoffa Afhamiy SDN 1 KENITEN dan harapan 3 Pasya Azrriel Ardiansyah SDN 2 Somagede.

Dan Golongan Siaga Putri juara 1 Alifah Khoirul Husnani – SDN 1 Limpakuwus, juara 2 Kamila Farihan Afra SDN Kaliputulih, juara 3 Khanza Zhafirah SDN 2 Somagede. Harapan 1 Nabila Hasna Amira MI Islamiyah Bangsa, harapan 2 Wanda Aulia Zahra SDN 2 Cilongok dan harapan 3 Navila Fazuna Mumtazia SDN 3 Kemawi.

Sumber: Laila Aziza – Kwarcab Banyumas Inilah Pramuka Garuda Berprestasi Tahun 2023 Kwarcab Banyumas – Laila aziza (wordpress.com)

Bagikan artikel ini

Tinggalkan Balasan