No SKUPertanyaanCara PencapaianLink Materi
1Mengikuti acara-acara keagamaan sesuai dengan agamanya.Ikutserta pada acara-acara keagamaan yang dianutnya
2Membuat laporan singkat kegiatan keagamaan yang diikutinyaDapat membuat laporan singkat tentang kegiatan keagamaan yang diikutinya
3Dapat menjelaskan bentuk toleransi beragama antar umat beragama dilingkungannyaDapat menceriterakan tentang bentuk toleransi beragama dan antar umat beragama dilingkungannya
4.a Islam1. Dapat menyebutkan, membaca dan menghafalkan serta memimpin 8 doa harian secara baik dan benar di hadapan regunya

2. Dapat menceriterakan sejarah Nabi Muhammad SAW

3. Selalu melaksanakan Shalat wajib dan Sholat Jum’at bagi putera
4.b Katolik1. Mengetahui siapa Kristus

2. Dapat berdoa dengan kata-katanya sendiri

3. Dapat menyanyikan lagu-lagu Gerejani
4.c Protestan1. Mengetahui makna doa

2. Dapat menguraikan beberapa nyanyian Gerejani yang dikenal

3. Mengetahui pembagian Alkitab

4. Dapat menguraikan secara singkat isi dari dua buku di dalam Perjanjian Baru.
1. Dapat menceriterakan makna Doa didepan regunya

2. Dapat menceriterakan isi beberapa nyanyian Gereja

3. Dapat menceriterakan pembagian Alkitab di depan regunya

4. Dapat menguraikan secara singkat isi dari dua buku di dalam Perjanjian Baru.
4.d Hindu1. Dapat melafalkan dan memahami arti bait-bait Puja Tri Sandya serta menjalankannya dalam kehidupan sehari-hari

2. Dapat berperan aktif dalam setiap upacara/pelaksanaan Panca Yadnya di masyarakat

3. Dapat menyebutkan dan memahami ajaran Catur Paramita

4. Dapat memahami dan mempraktikan ajaran Tatwamsi seperti menerapkan sikap kasih sayang dalam kehidupan nyata, menolong mahluk yang lemah, membantu yang terkena musibah, melestarikan suaka marga satwa dan menjaga lingkungan

5. Mempraktikan sikap hidup suka beramal/ berdana punia

6. Dapat melafalkan dan mengkidungkan salah satu bentuk Dharma Gita

7. Dapat mempraktikkan minimal tiga gerakan Yoga Asanas

8. Dapat menarikan salah satu bentuk tarian sakral keagamaan Hindu (misalnya: Tari Baris, Tari Rejang, Tari Wayang Orang dan lain-lain.
4.e Budha1. Dapat melakukan kebaktian baik perorangan maupun bersama-sama

2. Dapat menyebutkan hari-hari raya Agama Buddha

3. Dapat melakukan sikap meditasi

4. Dapat menyanyikan lagu Aku Berlindung

5. Dapat melakukan dana paramita
5Dapat melaksanakan dan memimpin diskusi reguPernah memimpin diskusi di regunya
6Dapat menyebutkan ciri-ciri mengendalikan Emosi diriDapat menyebutkan ciri-ciri mengendalikan Emosi diri
7Melakukan kegiatan penghijauan di lingkungannya atau di daerah lainnya serta telah menanam dan merawat tanaman penghijauanPernah mengikuti kegiatan penghijauan di lingkungan/daerahnya dan merawatnya
8Dapat menjelaskan tentang hak perlindungan anak.Pernah menceriterakan tentang hak perlindungan anak didepan regunya
9Ikut serta dalam kegiatan Lomba Tingkat dan lomba-lomba Pramuka Penggalang, di Gugus depan dan kwartir.1. Pernah mengikuti kegiatan Lomba Tingkat.

2. Pernah mengikuti lomba-lomba regu penggalang yang di selenggarakan oleh gudep dan kwartir.
10Dapat menyebutkan tanda pengenal pada pakaian seragamDapat menyebutkan tanda pengenal yang ada pada pakaian seragam pramuka dengan benar.
11Dapat membuat struktur Pemerintahan dari tingkat Kelurahan hingga RT di tempat tinggalnyaDapat membuat bagan struktur organisasi tingkat kelurahan sampai RT ditempat tinggalnya.
12Dapat menjelaskan nilai-nilai yang terkandung dalam Satya dan Darma Pramuka Penggalang.Dapat menyebutkan Tri Satya golongan Penggalang.
13Rajin dan giat mengikuti latihan pasukan Penggalang sekurang-kurangnya 10 kali latihan berturut-turutDapat menunjukkan presensi kehadiran selama 10 kali latian berturut-turut.
14Dapat menjelaskan dan melaksanakan cara memberi salam pramuka.1. Pernah menjelaskan tentang salam Pramuka kepada regunya.

2. Dapat melaksanakan salam Pramuka kepada orang yang lebih tua dan teman sebayanya.
15Dapat menjelaskan sejarah bendera merah putih dan perlakuannya (Memahami UU No. 24 Tahun 2009).Pernah menjelaskan sejarah bendera merah putih dan perlakuannya di pasukan
16Dapat menjelaskan sejarah Lagu Kebangsaan Indonesia Raya dan perlakuannya (Memahami UU No. 24 Tahun 2009).Pernah menjelaskan sejarah lagu Kebangsaan Indonesia Raya didepan pasukannya.
17Dapat menjelaskan lambang Negara dan perlakuannya. (Memahami UU No. 24 Tahun 2009).Pernah menjelaskan tentang lambang Negara RI, kepada teman di pasukannya dan teman sebaya lainnya.
18Selalu berbicara dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Dapat membuat laporan secara tertulis dari hasil pertemuan yang diikutinya.1. Selalu berbahasa Indonesia yang baik dan benar dalam pertemuan-pertemuan Penggalang.

2. Dapat membuat laporan tertulis dari hasil pertemuan yang diikutinya.
19Memiliki tabungan atas nama pribadi. Aktif menabung secara rutin dengan menunjukkan keaktifannya menabung di regunyaMemiliki buku tabungan dan aktif menabung dan setia membayar uang iuran regunya dari hasil pendapatannya sendiri.
20Dapat mengoperasikan dan merawat salah satu teknologi informasi.Dapat menggunakan dan merawat peralatan berkatagori modern (IT). Contoh : Penggunaan Telpon seluler, penggunaan komputer.
21Dapat mengolah sampah serta mempraktikkan cara pengolahannya secara komposting.1. Dapat memilah golongan sampah basah dan kering.

2. Dapat menyebutkan 3 langkah pengelolaan sampah di rumah tangga.

3. Dapat melakukan pengolahan secara komposting.
22Dapat melakukan proses penjernihan air secara sederhana.Dapat melakukan proses penjernihan air secara sederhana.
23Dapat membuat beberapa jenis pioneering, seperti: rak piring; meja makan; tiang jemuran; menara kaki tiga.1. Dapat membuat rak piring dengan menggunakan simpul dan ikatan yang benar.

2. Dapat membuat meja makan dengan menggunakan simpul dan ikatan yang benar.

3. Dapat membuat tiang jemuran dan menara kaki tiga dengan menggunakan simpul dan ikatan yang benar.
24Dapat menggunakan kompas dan membuat Peta Pita, manaksir kecepatan arus dan kedalaman1. Dapat menunjukkan 16 arah mata angin dengan menggunakan kompas.

2. Dapat membuat peta pita dengan bantuan kompas.

3. Dapat menaksir kecepatan arus air dan kedalaman sungai.
25Dapat membuat dan menerjemahkan sandi, menerima berita dengan menggunakan bahasa morse dan semaphore.1. Pernah membuat dan menerjemahkan sandi-sandi.

2. Dapat menerima berita dengan menggunakan bahasa morse dan semaphore.
26Selalu berpakaian rapi di setiap saat dan memelihara kesehatan dan kebersihan diri di lingkungannya.1. Selalu menggunakan seragam Pramuka yang bersih dan rapih serta sesuai dengan peraturannya.

2. Pernah memelihara kesehatan dan kebersihan lingkungannya.

3. Selalu menjaga kebersihan dan kesehatan diri.
27Dapat memimpin regunya untuk baris berbaris1. Dapat memberi aba-aba ditempat dengan baik dan benar: a) siap, b) istirahat ditempat, c) hadap kanan, d) hadap kiri, e) balik kanan, f) lencang depan, g) lencang kanan.

2. Dapat memberi aba-aba dan melakukan gerakan maju jalan.

3. Tahu dan dapat memberi aba-aba serta melakukan baris-berbaris dengan tongkat.
28Tahu peraturan permainan 3 cabang olahraga yang dipilihnya dan dapat melakukan salah satu yang dipilihnyaDapat melaksanakan olahraga beregu dan melakukan 3 jenis cabang olah raga serta tahu permainannya; salah satunya olah raga renang.
29Mengetahui ciri-ciri perubahan fisik tubuh pada dirinya dan faham akan norma-norma pergaulanDapat menjelaskan adanya perbedaan perkembangan fisik tubuh.
30Dapat menunjukkan jadwal kegiatan fisik dan gerakan tubuh yang dilakukan setiap hariMelakukan aktifitas fisik tiap hari sedikitnya 45 menit.
Bagikan artikel ini