No SKU | Pertanyaan | Cara Pencapaian | Link Materi |
---|---|---|---|
1 | Selalu taat menjalankan ibadah agamanya secara pribadi ataupun berjamaah | 1. Pemberian penugasan pengamatan kepada Orang Tua, akan kebiasaan putera/puterinya menjalankan ibadah di rumah 2. Tahu sebutan nama pemimpin umat dari setiap golongan agama | Full Part |
2 | Dapat mengetahui dan dapat menjelaskan hari - hari besar agama | 1. Menyebutkan hari libur nasional keagamaan di Indonesia, sesuai golongan agamanya 2. Menyebutkan hari keagamaan nasional di Indonesia, sesuai golongan agamanya | Part 1 Part 2 |
3 | Dapat menyebutkan agama-agama yang ada di Indonesia serta nama tempat ibadahnya | 1. Dapat menggambarkan lambang/ikon dari setiap agama di Indonesia 2. Dapat menyebutkan waktu pelaksanaan ibadah dari masing-masing golongan agama | |
4.a Islam | "1. Dapat melakukan mandi wajib dan mengerti penyebabnya; 2. Dapat melakukan sholat berjamaah; 3. Dapat menghafal 5 (lima) macam doa harian dan hafal 5 (lima) surat-surat pendek." | Untuk pengisian pencapaian mata SKU Keagamaan ini, diusulkan untuk dilakukan oleh Pempimpin Umat dari golongan agamanya masing-masing. | |
4.b Katolik | "1. Dapat berdoa Rosario, dan tahu artinya; 2. Mengikuti Perayaan Ekaristi hari minggu dan menjadi putera/puteri altar ; 3. Dapat menyanyikan tiga buah lagu gerejani" | Untuk pengisian pencapaian mata SKU Keagamaan ini, diusulkan untuk dilakukan oleh Pempimpin Umat dari golongan agamanya masing-masing. | |
4.c Protestan | "1. Dapat menyanyikan beberapa nyanyian Gereja; 2. Dapat menceritakan dua hikayat dari Alkitab; 3. Dapat melakukan doa sederhana pada kesempatan tertentu; 4. Dapat menyebutkan hari-hari Raya Kristiani." | 1. Dapat menyanyikan 3 buah lagu Gereja di depan regunya 2. Dapat menceritakan dua hikayat dari Alkitab, 1 dalam Alkitab perjanjian baru dan 1 perjanjian lama 3. Dapat berdoa secara sederhana di depan regunya 4. Dapat menyebutkan hari-hari Kristiani | |
4.d Hindu | 1. Dapat melafalkan dan mengerti arti dari bait masing masing mantra puja Tri Sandhya dan melaksanakannya / praktik dalam kehidupan sehari hari. 2. Dapat menyebutkan nama-nama para Maha Rsi penerima Wahyu. 3. Dapat menyebutkan nama-nama pura dalam cakupan Sad Kahyangan; 4. Dapat menyebutkan tokoh-tokoh dalam epos cerita Mahabharata dan Ramayana; 5. Dapat menguraikan arti dan makna kata Tatwamasi. 6. Dapat menguraikan dan menjelaskan fase kehidupan dalam ajaran Catur Asrama. Dapat mempraktikkan lebih dari satu gerakan Yoga Asanas. | Untuk pengisian pencapaian mata SKU Keagamaan ini, diusulkan untuk dilakukan oleh Pempimpin Umat dari golongan agamanya masing-masing. | |
4.e Budha | 1. Dapat menjelaskan arti/makna symbol yang terdapat di Altar Buddha; 2. Dapat menyanyikan lagu Pancasila Buddhis; 3. Dapat melakukan dana paramita | Untuk pengisian pencapaian mata SKU Keagamaan ini, diusulkan untuk dilakukan oleh Pempimpin Umat dari golongan agamanya masing-masing. | |
5 | Dapat menjelaskan tentang Emosi | 1. Dapat menjelaskan macam-macam Emosi di depan regunya 2. Dapat menjelaskan penyebab emosi didepan regunya 3. Dapat memahami pendapat orang lain dalam pertemuan regu | |
6 | Dapat menyampaikan pendapat dengan benar dalam suatu pertemuan Pasukan Penggalang | Dapat menyampaikan pendapat dengan benar dalam suatu pertemuan pasukan | |
7 | Dapat mengetahui dan menjelaskan manfaat dari penghijauan | 1. Dapat menyebutkan minimal 5 manfaat penghijauan 2. Dapat menyebutkan fungsi dan manfaat dari Pohon dan tetumbuhan | |
8 | Dapat mengetahui dan memahami tentang hak perlindungan anak. | Telah mengetahui dan memahami tentang hak perlindungan anak | |
9 | Ikut serta dalam kegiatan Perkemahan Penggalang minimal 2 hari, sesuai dengan standar perkemahan | 1. Dapat menunjukan bukti fisik ikut serta perkemahan di gugusdepannya atau kwartir 2. Membuat laporan mengikuti perkemahan | |
10 | Dapat menyebutkan tanda-tanda pengenal Gerakan Pramuka sesuai dengan golongan dan tingkatannya | 1. Dapat menyebutkan tanda-tanda pengenal umum dalam Gerakan Pramuka 2. Dapat menunjukkan penempatan tanda-tanda pengenal pada baju seragam Pramuka sesuai golongannya | |
11 | Mengetahui nama ketua RT hingga Lurah, Camat dan tokoh masyarakat atau setingkatnya di tempat tinggalnya. | 1. Dapat menyebut nama dan alamat tinggal pejabat RT hingga Lurah yang dibuktikan dengan tanda tangan dan stempel 2. Dapat menyebutkan tokoh masyarakat di tempat tinggalnya | |
12 | Dapat mengetahui dan menyebutkan Kode Kehormatan Pramuka Penggalang | 1. Dapat menuliskan Tri Satya golongan Penggalang pada secarik kertas 2. Dapat menunjukkan sikap yang benar pada saat pengucapan Tri Satya 3.Dapat menuliskan Dasa Darma Pramuka pada secarik kertas | |
13 | Rajin dan giat mengikuti latihan pasukan Penggalang sekurang-kurangnya 8 kali latihan berturut-turut | Dapat menunjukkan presensi kehadiran selama 8 kali berturut-turut | |
14 | Tahu tentang : (1) Salam Pramuka. (2) Motto, (3) Arti Lambang Gerakan Pramuka. | 1. Dapat menyebutkan: kepada siapa saja pemberian Salam/hormat Pramuka 2. Dapat menyebutkan Motto Gerakan Pramuka 3. Dapat menggambar lambang Gerakan Pramuka 4. Tahu Pencipta Lambang Gerakan Pramuka | |
15 | Dapat menjelaskan sejarah dan kiasan warna serta cara menggunakan bendera merah putih | 1. Tahu macam-macam ukuran dan penempatan kegunaan bendera merah putih 2. Tahu cara menaikkan dan menurun kan bendera 1/2 tiang 3. Tahu waktu pengibaran dan penurunan bendera Merah Putih 4. Tahu kapan pertama kali bendera Merah Putih dikibarkan. | |
16 | Dapat menjelaskan dan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dengan sikap yang benar serta dapat menyanyikan 2 lagu wajib Nasional dan 1 lagu daerah nusantara | 1. Dapat menuliskan Lagu Indonesia Raya bait 1 pada selembar kertas 2. Tahu pencipta Lagu Indonesia Raya dan tahun ciptaanya 3. Pernah menyanyikan Lagu Indonesia Raya di depan Pasukan Penggalang pada waktu Upacara Bendera 4. Dapat menyanyikan 2 lagu wajib Nasional dan 1 lagu daerah nusantara | |
17 | Dapat menjelaskan tentang lambang Negara RI | 1. Dapat menyebutkan di mana saja penggunaan lambang Indonesia 2. Tahu lambang-lambang 5 (lima) dasar Pancasila 3. Tahu penempatan lambang-lambang tersebut pada perisai Burung Garuda | |
18 | Dapat menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar | Pemberian penugasan pengamatan kepada Orang Tua, akan kebiasaan putera/puterinya di rumah dalam menggunakan Bahasa Indonesia | |
19 | Telah menabung secara rutin dan setia membayar uang iuran untuk regunya yang diperoleh dari usahanya sendiri | 1. Memiliki Buku Tabungan Individu maupun Regu 2. Dapat menjelaskan fungsi menabung | |
20 | Dapat menyebutkan dan menjelaskan manfaat sedikitnya 2 jenis alat teknologi informasi modern | Dapat menyebutkan peralatan yang masuk kategori teknologi modern dan manfaatnya contoh Komputer dan telpon seluler | |
21 | Dapat mengenal dan memilah sampah | 1. Dapat memilah golongan sampah basah dan kering 2. Dapat menyebutkan 3 langkah pengelolaan sampah di rumah tangga 3. Dapat menyebutkan sampah organik mudah busuk 4. Dapat menyebutkan sampah anorganik tidak mudah busuk | |
22 | Dapat menjelaskan teknik penjernihan air | 1. Dapat menyebutkan 3 macam jenis penjernihan air 2. Dapat menyebutkan minimal 5 teknik penyaringan air | |
23 | Dapat membuat dan menggunakan simpul mati, simpul hidup, simpul anyam, simpul tiang, simpul pangkal dan dapat menyusuk tali, membuat ikatan serta menyambung dua tongkat | 1. Dapat membuat simpul-simpul 2. Dapat mengikat 3 (tiga) batang tongkat pramuka menjadi satu bagian 3. Dapat menyambung 2 (dua) utas tali sesuai dengan fungsi dan gunanya 4. Dapat menjelaskan fungsi dari masing-masing simpul 5. Dapat menyebutkan jumlah ikatan yang diketahui | |
24 | Dapat menjelaskan kompas, menaksir tinggi dan lebar | 1. Dapat menyebut 16 arah mata angin dan besaran derajatnya dengan kompas 2. Tahu dan dapat menyebut jenis-jenis kompas 3. Dapat menjelaskan alasan jarum magnet kompas selalu ke arah Utara 4. Dapat melakukan kegiatan menaksir tinggi pohon dan lebar sungai 5. Dapat menunjukkan arah mata angin tanpa menggunakan kompas | |
25 | Mengenal macam-macam sandi, isyarat morse dan semaphore | 1. Dapat menyebutkan macam-macam sandi 2. Dapat menunjukkan perbedaan bendera semaphore dan Morse 3. Tahu ukuran bendera sempahore dan morse 4. Dapat menunjukkan sikap yang benar ketika mengirim dan menerima berita | |
26 | Selalu berpakaian rapi, memelihara kesehatan dan kebersihan diri serta lingkungannya | 1. Selalu menggunakan seragam Pramuka yang bersih dan rapih serta sesuai dengan peraturannya 2. Pernah memelihara kesehatan dan kebersihan lingkungannya 3. Selalu menjaga kebersihan dan kesehatan diri | |
27 | Dapat baris-berbaris | 1. Dapat melakukan gerakan aba-aba di tempat dengan baik dan benar: a) siap, b) istirahat ditempat, c) hadap kanan, d) hadap kiri, e) balik kanan, f) lencang depan, g) lencang kanan 2. Dapat melakukan perintah aba-aba maju jalan, berhenti, dll 3. Dapat melakukan baris-berbaris dengan membawa tongkat | |
28 | Dapat menjelaskan sedikitnya 3 cabang olahraga dan dapat melakukan 2 jenis cabang olah raga, salah satunya olahraga Renang | 1. Dapat menyebutkan pembagian macam/jenis olah raga 2. Dapat menyebutkan cabang olahraga modern | |
29 | Mengetahui adanya perbedaan perkembangan fisik tubuh | 1. Mengenal ciri-ciri dasar fisik, seperti: a) Bentuk badan ; b) Bentuk muka c) Ukuran tubuh ; d) Bentuk kaki 2. Sikap membuka diri terhadap satu sama lain merupakan sikap… a. Sikap eksklusif ; b. Sikap terbuka ; c. Sikap optimis ; d. Sikap inklusif | |
30 | Selalu melakukan aktivitas fisik tiap hari sedikitnya 30 menit | Rajin melakukan aktifitas fisik tiap hari sedikitnya 30 menit dan dapat menunjukan buktinya |