No SKUPertanyaanCara PencapaianLink Materi
1Selalu taat menjalankan ibadah agamanya secara pribadi ataupun berjamaah1. Pemberian penugasan pengamatan kepada Orang Tua, akan kebiasaan putera/puterinya menjalankan ibadah di rumah

2. Tahu sebutan nama pemimpin umat dari setiap golongan agama
Full Part
2Dapat mengetahui dan dapat menjelaskan hari - hari besar agama1. Menyebutkan hari libur nasional keagamaan di Indonesia, sesuai golongan agamanya

2. Menyebutkan hari keagamaan nasional di Indonesia, sesuai golongan agamanya
Part 1

Part 2
3Dapat menyebutkan agama-agama yang ada di Indonesia serta nama tempat ibadahnya1. Dapat menggambarkan lambang/ikon dari setiap agama di Indonesia

2. Dapat menyebutkan waktu pelaksanaan ibadah dari masing-masing golongan agama
4.a Islam"1. Dapat melakukan mandi wajib dan mengerti penyebabnya;

2. Dapat melakukan sholat berjamaah;

3. Dapat menghafal 5 (lima) macam doa harian dan hafal 5 (lima) surat-surat pendek."
Untuk pengisian pencapaian
mata SKU Keagamaan ini,
diusulkan untuk dilakukan
oleh Pempimpin Umat dari
golongan agamanya masing-masing.
4.b Katolik"1. Dapat berdoa Rosario, dan tahu artinya;

2. Mengikuti Perayaan Ekaristi hari minggu dan menjadi putera/puteri altar ;

3. Dapat menyanyikan tiga buah lagu gerejani"
Untuk pengisian pencapaian
mata SKU Keagamaan ini,
diusulkan untuk dilakukan
oleh Pempimpin Umat dari
golongan agamanya masing-masing.
4.c Protestan"1. Dapat menyanyikan beberapa nyanyian Gereja;

2. Dapat menceritakan dua hikayat dari Alkitab;

3. Dapat melakukan doa sederhana pada kesempatan tertentu;

4. Dapat menyebutkan hari-hari Raya Kristiani."
1. Dapat menyanyikan 3 buah lagu Gereja di depan regunya

2. Dapat menceritakan dua hikayat dari Alkitab, 1 dalam Alkitab perjanjian baru dan 1 perjanjian lama

3. Dapat berdoa secara sederhana di depan regunya

4. Dapat menyebutkan hari-hari Kristiani
4.d Hindu1. Dapat melafalkan dan mengerti arti dari bait masing masing mantra puja Tri Sandhya dan melaksanakannya / praktik dalam kehidupan sehari hari.

2. Dapat menyebutkan nama-nama para Maha Rsi penerima Wahyu.

3. Dapat menyebutkan nama-nama pura dalam cakupan Sad Kahyangan;

4. Dapat menyebutkan tokoh-tokoh dalam epos cerita Mahabharata dan Ramayana;

5. Dapat menguraikan arti dan makna kata Tatwamasi.

6. Dapat menguraikan dan menjelaskan fase kehidupan dalam ajaran Catur Asrama.
Dapat mempraktikkan lebih dari satu gerakan Yoga Asanas.
Untuk pengisian pencapaian
mata SKU Keagamaan ini,
diusulkan untuk dilakukan
oleh Pempimpin Umat dari
golongan agamanya masing-masing.
4.e Budha1. Dapat menjelaskan arti/makna symbol yang terdapat di Altar Buddha;

2. Dapat menyanyikan lagu Pancasila Buddhis;

3. Dapat melakukan dana paramita
Untuk pengisian pencapaian
mata SKU Keagamaan ini,
diusulkan untuk dilakukan
oleh Pempimpin Umat dari
golongan agamanya masing-masing.
5Dapat menjelaskan tentang Emosi1. Dapat menjelaskan macam-macam Emosi di depan regunya

2. Dapat menjelaskan penyebab emosi didepan regunya

3. Dapat memahami pendapat orang lain dalam pertemuan regu
6Dapat menyampaikan pendapat dengan benar dalam suatu pertemuan Pasukan PenggalangDapat menyampaikan pendapat dengan benar dalam suatu pertemuan pasukan
7Dapat mengetahui dan menjelaskan manfaat dari penghijauan1. Dapat menyebutkan minimal 5 manfaat penghijauan

2. Dapat menyebutkan fungsi dan manfaat dari Pohon dan tetumbuhan
8Dapat mengetahui dan memahami tentang hak perlindungan anak.Telah mengetahui dan memahami tentang hak perlindungan anak
9Ikut serta dalam kegiatan Perkemahan Penggalang minimal 2 hari, sesuai dengan standar perkemahan1. Dapat menunjukan bukti fisik ikut serta perkemahan di gugusdepannya atau kwartir

2. Membuat laporan mengikuti perkemahan
10Dapat menyebutkan tanda-tanda pengenal Gerakan Pramuka sesuai dengan golongan dan tingkatannya1. Dapat menyebutkan tanda-tanda pengenal umum dalam Gerakan Pramuka

2. Dapat menunjukkan penempatan tanda-tanda pengenal pada baju seragam Pramuka sesuai golongannya
11Mengetahui nama ketua RT hingga Lurah, Camat dan tokoh masyarakat atau setingkatnya di tempat tinggalnya.1. Dapat menyebut nama dan alamat tinggal pejabat RT hingga Lurah yang dibuktikan dengan tanda tangan dan stempel

2. Dapat menyebutkan tokoh masyarakat di tempat tinggalnya
12Dapat mengetahui dan menyebutkan Kode Kehormatan Pramuka Penggalang1. Dapat menuliskan Tri Satya golongan Penggalang pada secarik kertas

2. Dapat menunjukkan sikap yang benar pada saat pengucapan Tri Satya

3.Dapat menuliskan Dasa Darma Pramuka pada secarik kertas
13Rajin dan giat mengikuti latihan pasukan Penggalang sekurang-kurangnya 8 kali latihan berturut-turutDapat menunjukkan presensi kehadiran selama 8 kali berturut-turut
14Tahu tentang :
(1) Salam Pramuka.
(2) Motto,
(3) Arti Lambang Gerakan Pramuka.
1. Dapat menyebutkan: kepada siapa saja pemberian Salam/hormat Pramuka

2. Dapat menyebutkan Motto Gerakan Pramuka

3. Dapat menggambar lambang Gerakan Pramuka

4. Tahu Pencipta Lambang Gerakan Pramuka
15Dapat menjelaskan sejarah dan kiasan warna serta cara menggunakan bendera merah putih1. Tahu macam-macam ukuran dan penempatan kegunaan bendera merah putih

2. Tahu cara menaikkan dan menurun kan bendera 1/2 tiang

3. Tahu waktu pengibaran dan penurunan bendera Merah Putih

4. Tahu kapan pertama kali bendera Merah Putih dikibarkan.
16Dapat menjelaskan dan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dengan sikap yang benar serta dapat menyanyikan 2 lagu wajib Nasional dan 1 lagu daerah nusantara1. Dapat menuliskan Lagu Indonesia Raya bait 1 pada selembar kertas

2. Tahu pencipta Lagu Indonesia Raya dan tahun ciptaanya

3. Pernah menyanyikan Lagu Indonesia Raya di depan Pasukan Penggalang pada waktu Upacara Bendera

4. Dapat menyanyikan 2 lagu wajib Nasional dan 1 lagu daerah nusantara
17Dapat menjelaskan tentang lambang Negara RI1. Dapat menyebutkan di mana saja penggunaan lambang Indonesia

2. Tahu lambang-lambang 5 (lima) dasar Pancasila

3. Tahu penempatan lambang-lambang tersebut pada perisai Burung Garuda
18Dapat menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benarPemberian penugasan pengamatan kepada Orang Tua, akan kebiasaan putera/puterinya di rumah dalam menggunakan Bahasa Indonesia
19Telah menabung secara rutin dan setia membayar uang iuran untuk regunya yang diperoleh dari usahanya sendiri1. Memiliki Buku Tabungan Individu maupun Regu

2. Dapat menjelaskan fungsi menabung
20Dapat menyebutkan dan menjelaskan manfaat sedikitnya 2 jenis alat teknologi informasi modernDapat menyebutkan peralatan yang masuk kategori teknologi modern dan manfaatnya contoh Komputer dan telpon seluler
21Dapat mengenal dan memilah sampah1. Dapat memilah golongan sampah basah dan kering

2. Dapat menyebutkan 3 langkah pengelolaan sampah di rumah tangga

3. Dapat menyebutkan sampah organik mudah busuk

4. Dapat menyebutkan sampah anorganik tidak mudah busuk
22Dapat menjelaskan teknik penjernihan air1. Dapat menyebutkan 3 macam jenis penjernihan air

2. Dapat menyebutkan minimal 5 teknik penyaringan air
23Dapat membuat dan menggunakan simpul mati, simpul hidup, simpul anyam, simpul tiang, simpul pangkal dan dapat menyusuk tali, membuat ikatan serta menyambung dua tongkat1. Dapat membuat simpul-simpul

2. Dapat mengikat 3 (tiga) batang tongkat pramuka menjadi satu bagian

3. Dapat menyambung 2 (dua) utas tali sesuai dengan fungsi dan gunanya

4. Dapat menjelaskan fungsi dari masing-masing simpul

5. Dapat menyebutkan jumlah ikatan yang diketahui
24Dapat menjelaskan kompas, menaksir tinggi dan lebar1. Dapat menyebut 16 arah mata angin dan besaran derajatnya dengan kompas

2. Tahu dan dapat menyebut jenis-jenis kompas

3. Dapat menjelaskan alasan jarum magnet kompas selalu ke arah Utara

4. Dapat melakukan kegiatan menaksir tinggi pohon dan lebar sungai

5. Dapat menunjukkan arah mata angin tanpa menggunakan kompas
25Mengenal macam-macam sandi, isyarat morse dan semaphore1. Dapat menyebutkan macam-macam sandi

2. Dapat menunjukkan perbedaan bendera semaphore dan Morse

3. Tahu ukuran bendera sempahore dan morse

4. Dapat menunjukkan sikap yang benar ketika mengirim dan menerima berita
26Selalu berpakaian rapi, memelihara kesehatan dan kebersihan diri serta lingkungannya1. Selalu menggunakan seragam Pramuka yang bersih dan rapih serta sesuai dengan peraturannya

2. Pernah memelihara kesehatan dan kebersihan lingkungannya

3. Selalu menjaga kebersihan dan kesehatan diri
27Dapat baris-berbaris1. Dapat melakukan gerakan aba-aba di tempat dengan baik dan benar: a) siap, b) istirahat ditempat, c) hadap kanan, d) hadap kiri, e) balik kanan, f) lencang depan, g) lencang kanan

2. Dapat melakukan perintah aba-aba maju jalan, berhenti, dll

3. Dapat melakukan baris-berbaris dengan membawa tongkat
28Dapat menjelaskan sedikitnya 3 cabang olahraga dan dapat melakukan 2 jenis cabang olah raga, salah satunya olahraga Renang1. Dapat menyebutkan pembagian macam/jenis olah raga

2. Dapat menyebutkan cabang olahraga modern
29Mengetahui adanya perbedaan perkembangan fisik tubuh1. Mengenal ciri-ciri dasar fisik, seperti: a) Bentuk badan ; b) Bentuk muka c) Ukuran tubuh ; d) Bentuk kaki

2. Sikap membuka diri terhadap satu sama lain merupakan sikap… a. Sikap eksklusif ; b. Sikap terbuka ; c. Sikap optimis ; d. Sikap inklusif
30Selalu melakukan aktivitas fisik tiap hari sedikitnya 30 menitRajin melakukan aktifitas fisik tiap hari sedikitnya 30 menit dan dapat menunjukan buktinya
Bagikan artikel ini