No SKUPertanyaanCara PencapaianLink Materi
1Taat menjalankan ibadah sesuai agamanya dan mengajak orang lain untuk beribadahSelalu menjalankan ibadah sesuai agamanya dan mengajak orang lain untuk beribadah
2Berperan aktif dalam penyelenggaraan kegiatan keagamaan baik dalam Gerakan Pramuka maupun di masyarakatPernah ikut serta membantu penyelenggaraan kegiatan keagamaan baik di dalam maupun di luar Gerakan Pramuka
3Dapat mengajak teman / orang lain untuk berperilaku toleran antar umat beragamaSelalu mengajak temannya/orang lain untuk berperilaku toleran antar umat beragama.
4.a Islam1. Dapat bertindak sebagai Imam dalam sholat berjamaah di perkemahan

2. Dapat menghafal 10 macam doa harian dan hafal 10 macam surat pendek

3. Dapat memimpin doa.

4. Selalu melaksanakan Shalat berjamaah di Masjid/Mushola
4.b Katolik1. Tahu arti Perayaan Ekaristi, dan bagian-bagian yang penting

2. Tahu peralatan Misa dan warna-warna Liturgi

3. Tahu hierarki Gereja
4.c Protestan1. Dapat memimpin beberapa nyanyian Gerejani dalam pertemuan-pertemuan Penggalang

2. Dapat memimpin doa dalam pertemuan-pertemuan Penggalang

3. Dapat menjelaskan Hukum Kasih (Lukas 10 : 27 dan Matius 22 : 37-40)

4. Dapat Menjelaskan tentang dua belas pengakuan Iman Rasuli.
1. Pernah memimpin nyanyian pujian di pertemuan Pramuka Penggalang

2. Pernah menjadi pemimpin Doa di pertemuan Pramuka Penggalang

3. Pernah menjelaskan tentang Hukum Kasih kepada teman di pasukannya

4. Pernah menjelaskan tentang dua belas pengakuan Iman Rasuli
4.d Hindu1. Dapat melafalkan dan memahami arti bait-bait dalam matram Puja Tri Sandya serta dapat dan mampu memimpin pelaksanaan persembahyangan

2. Dapat menyebutkan bagian-bagian kepemimpinan Hindu dalam Asta Brata

3. Dapat memahami serta menerapkan Ajaran Tri Hita Karana dalam kehidupan sehari-hari

4. Dapat menjelaskan pengertian dan konsep ajaran Rwa Bhineda

5. Dapat menguraikan dan memahami kaitan ajaran Catur asrama dan catur Purusa Artha

6. Dapat mempraktikkan minimal lima gerakan Yoga Asanas

7. Dapat menarikan lebih dari satu bentuk tarian sakral keagamaan Hindu

8. Dapat melafalkan dan mengkidungkan salah satu bentuk Dharma Gita.
4.e Budha1. Dapat melakukan kebaktian baik perorangan maupun bersama-sama

2. Dapat melakukan meditasi

3. Dapat menyanyikan lagu Malam Suci Waisak

4. Dapat menyebutkan tempat-tempat suci Agama Buddha

5. Dapat menceritakan silsilah keluarga Pangeran Sidharta Gotama
5Dapat mengendalikan emosi teman sebayaPernah menjadi pengendali Emosi teman sebaya.
6Dapat memimpin pertemuan Pasukan Penggalang.Pernah memimpin pertemuan di pasukannya.
7Mengajak teman sebaya /regunya untuk melakukan kegiatan penghijauan dan memelihara di lingkungannya atau di daerah lain1. Pernah mengajak teman sebaya /regunya untuk melakukan kegiatan penghijauan

2. Pernah mengajak teman sebaya/regunya untuk memelihara penghijauan di lingkungannya atau di daerah lain
8Dapat mensosialisasikan kepada teman sebaya tentang hak perlindungan anak.Pernah menceriterakan tentang hak perlindungan anak kepada teman sebaya
9Telah ikut serta dalam kegiatan Jambore/Lomba Tingkat/Perkemahan lainnya.Pernah mengikuti dan menunjukan bukti fisik ikut serta Jambore/Lomba Tingkat/perkemahan lainnya
10Dapat menjelaskan tanda- tanda pengenal Gerakan PramukaPernah menjelaskan tanda-tanda pengenal Gerakan Pramuka di depan Pasukannya
11Dapat menjelaskan tugas dan fungsi seorang Kepala Desa/Lurah, Camat, Bupati/WalikotaPernah menjelaskan tugas dan fungsi seorang Kepala Desa/Lurah, Camat, Bupati/Walikota di depan pasukannya
12Dapat mengajak anggota regu dan pasukannya untuk senantiasa mengamalkan kode kehormatan Pramuka PenggalangSelalu mengajak temannya untuk mengamalkan Satya dan Darma Pramuka Penggalang
13Rajin dan giat mengikuti latihan pasukan Penggalang sekurang-kurangnya 12 kali latihan berturut-turutDapat menunjukkan presensi kehadiran selama 12 kali berturut-turut
14Dapat menjelaskan penggunaan Salam PramukaPernah menjelaskan salam Pramuka baik kepada orang yang lebih tua maupun teman sebayanya
15Dapat mengibarkan dan menurunkan bendera sang merah putih pada upacara hari-hari besar nasional atau sejenisnyaPernah menjadi pengibar dan penurun bendera sang merah putih pada upacara hari-hari besar nasional atau sejenisnya
16Dapat memimpin lagu Indonesia Raya di depan orang lain pada suatu upacara. Dapat menyanyikan 4 lagu wajib, 3 lagu daerah tempat tingalnya dan 3 macam lagu daerah lainnya1. Pernah memimpin lagu Indonesia Raya di depan orang lain pada suatu upacara

2. Pernah menyanyikan 4 lagu wajib,3 lagu daerah tempat tingalnya dan 3 macam lagu daerah lainnya
17Dapat menjelaskan Lambang Negara Republik Indonesia di depan pasukan atau teman sebayanya.Pernah menjelaskan Lambang Negara RI kepada pasukannya/teman sebayanya
18Dapat menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam pertemuan resmi.Selalu menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam pertemuan resmi.
19Dapat menjelaskan kepada anggota regunya/pasukannya manfaat menabung dan membayar uang iuran serta mengajak untuk melakukan gemar menabungPernah menjelaskan manfaat menabung dan membayar uang iuran kepada anggota regunya/pasukan serta mengajak untuk melakukan gemar menabung
20Dapat mengajarkan penggunaan teknologi informasi sedikitnya 2 jenis kepada teman sebayaDapat menjelaskan cara penggunaan peralatan berkatagori modern (IT) Contoh : Penggunaan Telpon seluler, penggunaan komputer
21Ikut mensosialisasikan cara pengolahan sampah.1. Dapat memilah golongan sampah basah dan kering

2. Dapat menyebutkan 3 langkah pengelolaan sampah di rumah tangga

3. Dapat menyebutkan sampah organik mudah dan tidak mudah busuk

4. Pernah menceriterakan cara pengolahan sampah di depan pasukannya
22Dapat mensosialisasikan cara penjernihan airPernah menjelaskan 3 macam jenis penjernihan air di depan pasukannya
23Dapat membuat pioneering: jembatan sederhana; menara pandang sederhana1. Pernah membuat jembatan sederhana bersama pasukannya

2. Pernah membuat menara pandang sederhana bersama pasukannya
24Dapat membuat peta perjalanan, peta lapangan, menjelaskan rumus menaksir: tinggi, lebar, kecepatan dan kedalaman1. Pernah membuat peta suatu perjalanan

2. Pernah membuat peta lapangan berdasarkan peta pita

3. Pernah menjelaskan rumus menaksir tinggi, lebar, kecepatan arus air dan kedalaman sungai.
25Dapat menerima dan mengirim berita dengan menggunakan bendera morse dan semaphore serta dapat membuat sandi hasil kreasi pribadi lengkap dengan kuncinya1. Pernah menerima berita dengan bendera morse di pasukan

2. Pernah mengirim berita dengan bendera morse di pasukan

3. Pernah membuat sandi lengkap dengan kuncinya
26Selalu berpakaian rapi di setiap saat dan manjadi contoh bagi teman-temannya untuk memelihara kesehatan serta kebersihan diri dan lingkungannya1. Selalu menggunakan seragam Pramuka yang bersih dan rapih serta sesuai dengan peraturannya

2. Pernah memelihara kesehatan dan kebersihan lingkungannya

3. Selalu menjaga kebersihan diri dan memberi contoh kepada temannya
27Dapat memimpin dan melatih baris berbaris di Pasukannya1. Dapat melatih dan memberi aba-aba ditempat dengan baik dan benar: a) siap, b) istirahat ditempat, c) hadap kanan, d) hadap kiri, e) balik kanan, f) lencang depan, g) lencang kanan

2. Dapat melatih dan memberi aba-aba dan melakukan gerakan maju jalan

3. Dapat melatih dan memberi aba-aba serta melakukan baris-berbaris dengan tongkat
28Dapat melaksanakan olahraga beregu dan melakukan 3 jenis cabang olah raga serta tahu peraturannya. (salah satunya olah raga renang)Pernah melaksanakan olahraga beregu dan melakukan 3 (tiga) jenis cabang olah raga dan tahu aturan permainannya; salah satunya olah raga renang
29Dapat mengatasi adanya perubahan perkembangan fisik tubuhPernah mengatasi adanya perubahan perkembangan fisik tubuh diri sendiri
30Dapat menjelaskan manfaat dan melakukan aktifitas fisik tiap hari sedikitnya 45 menitPernah menjelaskan manfaat dan melakukan aktifitas fisik tiap hari sedikitnya 45 menit di pasukan
Bagikan artikel ini